Penyebab Sakit Asam Urat

Asam urat memiliki fungsi sebagai antioksidan dan bermanfaat dalam regenerasi sel. Setiap peremajaan sel membutuhkan asam urat. Jika tubuh kekurangan antioksidan, akan banyak oksidan atau radikal bebas yang membunuh sel-sel tubuh. Jika hal tersebut terjadi pada kulit maka kulit akan mudah kusam dan tidak sehat. Manusia tidak dapat menghasilkan atau memproduksi antioksidan dalam tubuhnya sendiri, oleh karenanya manusia membutuhkan antioksidan yang berasal dari luar misalnya dengan konsumsi buah-buahan, sayuran dan suplemen tambahan. Yang termasuk antioksidan misalnya vitamin E dan vitamin C.

Kedua vitamin ini baik sebagai penambah antioksidan dalam tubuh dan kedua vitamin tersebut banyak bekerja di kulit untuk menangkal radikal bebas dari luar tubuh. Selain itu, juga bermanfaat untuk mengganti sel-sel yang rusak ketika sedang memulihkan diri setelah sakit. Namun yang sangat disayangkan, tubuh kita tidak dapat mensitetisnya sendiri, harus ada suplemen dari luar. Oleh karenanya, fungsi ini tergantikan dengan adanya asam urat dalam tubuh kita.

Apabila tubuh terlalu lelah bekerja, sel-sel tubuh melampaui batas maksimal kerjanya. Sel-sel itu kemudian akan mati. Semakin banyak sel yang mati, semakin banyak pula produk-produk sampingan semacam radikal bebas. Semakin banyak radikal bebas, semakin banyak juga asam urat. Namun, semakin banyak asam urat, semakin berisiko mengalami gout.

Pada kondisi hiperurisemia, asam urat akan merembes masuk ke organ-organ, terutama persendian. Dalam cairan sendi inilah asam urat dapat menjadi kristal yang disebut monosodium urat monohidrat (MSUM). Namun hal yang perlu diingat adalah hiperurisemia tak selalu menyebabkan gout. Namun, kadar asam urat yang normal pun tidak selamanya bebas dari gout.

Kekurangan asam urat secara tiba-tiba, misalnya setelah minum obat penurun asam urat dalam dosis lebih, bisa mencetuskan serangan gout. Kelarutan asam urat dalam darah dan sendi selalu dalam kondisi seimbang. Kelarutan dalam darah tinggi dapat menimbulkan titik jenuh sehingga sebagian asam urat akan mengendap dalam sendi. Asam urat dalam sendi sulit kembali ke dalam darah. Bila kadar asam urat dalam darah mendadak turun, tubuh akan menyesuaikan kadar asam urat dalam sendi dengan mengurangi kandungan asam urat terlarutnya. Tubuh akan mengubah asam urat terlarut dalam sendi menjadi bentuk tak larut berupa kristal MSUM atau singkatnya kristal urat. Inilah yang mencetuskan serangan gout.

Tumpukan asam urat di sendi dan jaringan sekitar sendi akan menyebabkan penyakit gout, baik gout akut ataupun gout kronis. Timbunan asam urat di ginjal dan saluran kencing akan menyebabkan penyakit ginjal yang bisa berkembang menjadi gagal ginjal permanen. Akibatnya, seseorang harus melakukan cuci darah sepanjang hidupnya. Timbunan asam urat di jantung akan menimbulkan penyakit jantung.


=====================================

>>> Obat Herbal Asam Urat Untuk Membantu Meredakan Pegal Linu, Nyeri Sendi Dan Membantu Menurunkan Kadar Asam Urat, Klik Detail Disni!
=====================================


This entry was posted in Sakit Asam Urat and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *