Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat sering dianggap sebagai biang keladi dari berbagai kelihan pada persendian. Timbulnya rasa pegal-pegal, linu maupun nyeri pada persendian, oleh orang awam dianggap akibat asamurat. Karena itu, banyak orang yang mengaku “sakit asam urat”. Padahal kelihan-keluhan tertsebut merupakan keluhan umum dari penyakit rematik. Penyakit rematik memang dapat diakibatkan oleh peninggian kadar asam urat, tteapi tidak selalu rematik penyebabnya adalah asam urat.

Penyakit asam urat bukanlah barang asing, karena diproduksi sendiri oleh tubuh kita. Karena itu, keberadaannya normal terdapat di dalam darah serta air seni (urin). Di samping itu asam urat juga dapat terbentuk sebagai sisa dari metabolisme protein makanan yang mengandung purin. Karena itulah kadar asam urat di dalam darah dapat meningkat jika seseorang banyak mengonsumsi daging atau bahan makanan lain yang mengandung kadar purin tinggi.

Kadar rata-rata penyakit asam urat di dalam darah atau serum tergantung pada usia dan jenis kelamin. Sebelum pubertas kadarnya meningkat secara bertahap dan dapat mencapai 5,2 mg/dL. Pada perempuan kadar asam urat biasanya tetap rendah, baru pada usia premenopause kadarnya di dalam darah rata-rata sekitar 4 mg/dL. Barualh setelah menopause kadar asam urat meningkat lagi sampai mendekati kadar pada laki-laki, yaitu bisa mencapai 4,7 mg/dL.

Apabila senyawa ini terakumulasi dalam jumlah besar dalam darah, akan memicu pembentukan Kristal yang berbentuk jarum. Kristal-kristal ini biasanya terkonsentrasu pada sendi-sendi (kaki, lutut, siku atau tangan) sedemikian rupa sehingga mengakibatkan radang sendi (arthritis). Sendi-sendi tempat asam urat mangkal biasanya menjadi bengkak dan kaku. Ginjal merupakan organ tubuh yang paling sering bertanggung jawab agar kadar asam urat di dalam darah selalu dalam batas normal, yaitu 3,5 – 6 mg/dL. Hal ini dilakukan dengan mengatur pembuangan asam urat melalui urin. Namun, dalam kondisi tertentu, jika produksi asam urat berlebihan, atau fungsi ginjal terganggu, pembuangannya melalui ginjal berkurang. Akibatnya, kadar asam urat menjadi tinggi (hiperurisemia).

Penyakit asam urat merupakan penyakit yang sering kambuh, terutama apabila tidak menjaga pola makan atau melanggar pantangan/ Obat-obatan kimiawi memang dapat meredakan gejalanya, tetapi bersifat sementara saja. Pengobatan penyakit rematik juga dapat menggunakan tanaman berkhasiat obat, sebagai salah satu pengobatan yang cukup efektif dan ekonomis. Terapi asam urat dengan tumbuhan obat ini hendaknya didukung oleh terapi akuuntur atau fisioterapi untuk meningkatkan efek theurapetik. Dala menggunakan resep untuk mengatasi rematik, harus diperhatikan bahwa proses merebus harus menggunakan panic yang terbuat dari tanah atau panic email. Panci yang terbuat dari alumunium, kuningan, atau besi mengandung logam yang dapat menimbulkan endapan atau bereaksi dengan bahan obat sehinga menimbulkan efek samping penyakit ini.


=====================================

>>> Obat Herbal Asam Urat Untuk Membantu Meredakan Pegal Linu, Nyeri Sendi Dan Membantu Menurunkan Kadar Asam Urat, Klik Detail Disni!
=====================================


This entry was posted in Sakit Asam Urat and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *