Fakta Tentang Sakit Asam Urat

Penyakit asam urat sudah sejak lama dikenal masyarakat pada 2000 tahun yang lalu dan menjadi salah satu penyakit tertua. Penyakit asam urat ini juga dikenal sebagai penyakit yang hanya dimiliki oleh orang kaya oleh karenanya penyakit ini juga dikenal sebagai penyakit pada raja “Disease of Kings atau The King of Disease.

Gangguan asam urat dirasakan datang secara tiba-tiba di daerah tulang yang banyak memiliki sendi atau tulang rawan sendi. Gejala umum yang timbul dan dirasakan adalah rasa sakit, nyeri, panas bahkan sampai menimbulkan bengkak pada sendi yang sakit.

Asam urat adalah sisa metabolisme yang mengandung purin yang berasal dari berbagai sumber makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Umumnya makanan yang kita makan sehari-hari mengandung purin, asam urat juga dapat dikatakan sebagai hasil sampingan dari pemecahan sel-sel yang ada di dalam darah. Purin yang merupakan zat yang terdapat di setiap bahan makanan dan merupakan salah satu zat yang menyusun DNA dan RNA tubuh yang dapat diubah menjadi asam urat.

 

 

 

 

 

Asam urat terjadi apabila kadar asam urat yang juga terdapat di dalam organ ginjal melebihi batas normal. Asam urat juga bekerja sama dengan organ ginjal. Ginjal yang berfungsi sebagai pelindung kadar asam urat dan melepaskannya keluar tubuh melalui pembuangan air kemih atau urine. Namun jika ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik dan bekerja secara optimal maka asam urat hanya menumpuk lalu diubah menjadi kristal urat.

Kadar asam urat yang melebihi batas normal di dalam darah akan menyebabkan pembentukan kristal urat yang padat dan mengumpul di berbagai bidang persendian. Hal inilah yang membuat penderita asam urat merasakan sakit dan nyeri pada sendi yang diserang asam urat, tak hanya itu jika kristal-kristal asam urat terhenti di organ ginjal, hal ini akan menyebabkan kerusakan pada batu ginjal.

A. Informaasi Penting Mengenai Asam Urat

1. Tidak semua keluhan yang dirasakan yang terjadi pada sendi dan menjadi bengkak disebabkan oleh asam urat. Meskipun demikian asam urat terjadi pada organ tubuh yang memiliki tulang persendian tempat dimana asam urat tersebut bersembunyi. Untuk memastikan apakah gejala yang dirasakan pada sendi tersebut merupakan bagian dari gejala asam urat atau bukan. Periksakan ke dokter ahli untuk memastikan apakah terserang asam urat atau tidak.

2. Pria merupakan sasaran utama dari serangan asam urat dibanding dengan wanita. Pada umumnya kasus asam urat ini banyak mendera pada pria dibanding wanita. Hal ini disebabkan oleh wanita memiliki hormon estrogen yang berfungsi sebagai hormon yang dapat membantu mengendalikan kadar asam urat dalam tubuh dan membuang asam urat berlebih lewat urine. Namun wanita masih memiliki kemungkinan terserang asam urat ketika menjelang masa menopause, karena sebagian wanita akan mengalami penurunan fungsi kerja dari hormon estrogen.

3. Banyak iklan obat-obatan yang menawarkan obat untuk mengobati asam urat yang semakin membingungkan pandangan masyarakat umum atau mereka yang menderita asam urat tentang kebenaran penyakit asam urat tersebut. Saat ini memang banyak para produsen obat-obatan yang menjual berbagai jenis dan merk obat untuk penyakit asam urat. Namun disarankan untuk tetap bijak dalam memilih obat terbaik untuk mengatasi asam urat tanpa menimbulkan efek samping negatif terhadap fungsi kerja organ tubuh lainnya.

4. Kristal-kristal asam urat (uric acid) secara alami dihasilkan oleh tubuh dari metabolisme purin yang merupakan salah satu penyusun asam nukleat yang terdapat pada inti sel-sel tubuh. Asam nukleat adalah molekul penyusun DNA dan RNA yang berisi kode genetik untuk pengaturan seluruh kerja tubuh.

5. Secara alami dan normal purin sudah ada didalam tubuh, besarnya kadar purin alami dalam adalah 85 %, sedangkan sisanya 15 % berasal dari berbagai sumber makanan yang dikonsumsi setiap harinya.

6. Purin yang baik dihasilkan dari nabati sayuran dan buah-buahan, karena purin nabati yang berasal dari tumbuhan kandungan purinnya lebih baik dan mudah dicerna dan diurai di dalam tubuh. Dibandingkan dengan purin yang berasal sumber nabati hewani yang mengandung banyak lemak jenuh, oleh karenanya mereka yang gemar mengkonsumsi daging yang diolah menjadi berbagai jenis makanan, biasanya lebih mudah terserang penyakit asam urat.

B. Penggolongan penyakit asam urat

1. Penyakit gout primer

Penyakit gout primer secara pasti beum diketahui penyebab sebenarnya. Beberapa pendapat mengemukakan bahwa penyakit gout primer dapat disebabkan adanya gabungan antara faktor genetik atau keturunan dan faktor hormonal yang terjadi dalam tubuh seseorang sehingga mengakibatkan asam urat diproduksi secara berlebihan dan menganggu metabolisme tubuh.

2. Penyakit gout sekunder

Penyakit gout sekunder merupakan penyakit gout yang sering dialami banyak orang, penyebab utama dari penyakit gout sekunder ini adalah konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi atau buruknya pola makan dan pola hidup yang dijalani. Umumnya mereka yang menderita penyakit gout sekunder ini memang disebabkan karena kelalaian dalam konsumsi makanan, cenderung lebih menyukai makanan yang mengandung lemak jenuh yang justru lebih berpotensi meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Jika seseorang yang mengalami gejala dari asam urat seperti sering mengalami nyeri sendi, pegal linu, bengkak, dan lebih cenderung terjadi di malam hari ketika tidur atau di saat suhu udara sedang dingin yang gejala ini hampir sama dengan gejala rematik. Apabila seseorang terserang asam urat kemudian memeriksakan kondisi kesehatan atau ingin mengetahui kebenaran apakah ia terserang asam urat atau tidak, maka dokter akan melakukan sample darah seorang pasien.

Namun umumnya hasil sample darah yang diteliti dari laboratorium satu dengan lainnya bervariasi, tergantung kondisi tubuh pasien saat melakukan tes darah. Hasil dari pemeriksaan laboratorium dapat diketahui antara 1-2 hari. Hasil nya pun diketahui sebagai berikut :

1. Untuk pria:

3,4 – 7,0 miligram per desi Liter (mg/dL). Atau 200 – 420 mikromol per Liter (mcmol/L)

2. Untuk wanita:

2,4 – 6,0 mg/dL. Atau 140 – 360 mcmol/L

3. Untuk anak-anak :

2,5 – 5,5 mg/dL. Atau 120 – 330 mcmol/L


=====================================

>>> Obat Herbal Asam Urat Untuk Membantu Meredakan Pegal Linu, Nyeri Sendi Dan Membantu Menurunkan Kadar Asam Urat, Klik Detail Disni!
=====================================


This entry was posted in Sakit Asam Urat and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *