Sakit Asam Urat Dan Pengobatannya

Penyakit asam urat merupakan istilah dari penyakit rematik artikuler. Penyakit ini terjadi karena kesalahan tubuh melaksanakan proses kimia sehingga kandungan asam urat dalam tubuh melebihi normal (hyperuricemia). Keberadaan asam urat dalam jumlah normal sebenarnya bermanfaat bagi tubuh sehngga secara alami memproduksi sendiri asam urat tersebut. Itu artinya keberadaan asam urat adalam darah dan urine adalah normal.Yang jadi persoalan adalah ketika jumlah asam urat itu melebihi dari normal.

Salah satu penyebab meningkatnya asam urat dalam darah adalah tingginya makanan yang mengandung purin. Selain itu, disebabkan ginjal tidak sanggup mengeluarkannya melalui air kemih (kira-kira sepertiga kasus). Kedua penyebab ini sudah semestinya menjadi sasaran dalam pengobatan asam urat. Dengan kata lain dalam pengobatan asam urat tidak hanya memperhatikan produksi asam urat, tetapi juga harus memperhatikan cara pembuangannya.

Gejala dari penyakit asam urat adalah :

  • Kandungan asam urat dalam darah tinggi (setelah dilakukan tes kandungan dalam darah)
  • Munculnya penyakit komplikasi seperti encok asam urat yang akut . Akan terasa sakita yang luar biasa pada satu tulang sendi (biasanya pada kaki, lutut, lengan, atau tangan). Terlihat pada daerah sakit sendi membengkak, sangat lunak, dan kulit menjadi tegang mengkilap.
  • Munculnya peradangan pada sendi. Hal ini dikarenakan adanya kristal asam urat pada sendi. Istilah ini dikenal dengan trophaccous gout
  • Adanya batu dalam gnjal yang berasal dari asam urat (Ca-urat)

Dalam pengobatan konvensional atau pengobatan dengan tanaman obat, pengobatan asam urat dilakukan dengan dua sasaran yaitu penurunan produksi asam urat dan peningkatan pembuangan asam urat.

Pada pengobatan konvensional produksi asam urat diupayakan turun. Caranya dengan mengonsumsi obat-obat oenurun asam urat seperti alopurinol dan probenesid. Untuk peningkatan pembuangan asam ura, biasanya digunakan obat yang bersifat urikosurik (membuang asam urat). Akan tetapi, pengobatan ini mempunyai kelemahan, contohnya sering terjadi pada seseorang merasa benar-benar sembuh, tetapi kambuh lagi. Selain itu, kebiasaan yang dilakukan pengobatan konvensional adalah hanya memberikan obat urikosurik saja, tetapi tidak memberikan obat penurun produksi asam urat. Gejala kambuhan ini terjadi karena tingginya produksi asam urat tidak sebanding dengan peningkatan pembuangan sehingga tidak tuntas sembuhnya.


=====================================

>>> Obat Herbal Asam Urat Untuk Membantu Meredakan Pegal Linu, Nyeri Sendi Dan Membantu Menurunkan Kadar Asam Urat, Klik Detail Disni!
=====================================


This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *